Saturday, October 5, 2013

Merencanakan Presentasi


Presentasi yang sukses adalah presentrasi yang sudah mempunyai planning atau perencanaan. Perencanaan membantu kita memutuskan urutan informasi yang akan dipresentasikan. Adapun langkah-langkah dalam merencanakan presentasi adalah sebagai berikut.

Menentukan Tujuan Informasi
Pada saat kita menentukan tujuan dari presentasi yang akan disampaikan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. Apakah presentasi ini menarik klien atau siswa atau audiens? Apakah presentasi ini tentang ide baru yang akan Anda sampaikan kepada atasan atau staf Anda? Apakah presentasi ini merupakan laporan hasil kerja, penelitian, pembelajaran, atau perkembangan dari sebuah proses? Apakah presentasi ini menampilkan koleksi karaya?Dan sebagainya.

Dengan mengetahui tujuan dari presentasi yang ingin Anda sampaikan, kita dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya. Jika tidak diketahui tujuan dari presentasi maka tayangan slide demi slide akan membosankan.

Menentukan Audiens
Setelah kita menentukan tujuan presentasi, langkah berikutnya adalah menentuka audiens atau pendengar. Kepada siapa presentasi ini  di tujukan? Apakah dosen, guru, staf kerja, atasan, siswa, bawahan dan lain sebagainya. Setiap audiens tentunya memiliki pendekatan yang berbeda-beda.

Kumpulkan Informasi
Setelah menentukan tujuan informasi dan target audiens, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi tentang topik yang akan disampaikan. Kita tidak bisa membuat presentasi yang efektif tanpa informasi yang cukup. Dengan mengetahui informasi maka kita dapat mengetahui segala sesuatu yang disampaikan sehingga kita mudah untuk menjawab pertanuyaan dari audiens.

Yang perlu diperhatikan dalam merancang presentasi adalah harus sesederhana mungkin. Jangan terlalu banyak uraian yang ditulis di dalam presentasi. Hal ini bisa membuat inti dari presentasi tidak mengenai audiens.

Buatlah Sketsa Slide pada Kertas
Sebelum menuangkan ide-ide dalam presentasi, ada baiknya kita membuat sketsa. Hal ini akan lebih memudahkan dalam menguasai konsep presentasi itu sendiri. Dan juga akan menghasilkan presentasi yang efektf. Jika terkendala dalam membuat sketsa, Anda bisa meminta bantuan software mind mapping untuk membuat sketsa/mapping.

Membuat Presentasi
Yang perlu diingat dalam membuat presentasi adalah konsisten dalam penggunaan warna background, huruf, ukuran, animasi, dan transisi. Pemilihan animasi yang tidak tepat akan membuat kita kehilangan audiens.
 
Copyright © . DWI ADI ARCHIVES - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger